UAS KOMPUTER JURNALISTIK

Soal

  1. Isilah halaman about us tentang diri anda dalam bentuk narasi 2-3 pareagraf kemudian tambah debgan foto?
  2. a. Jelaskan tentang content manajement system (CMS)? b, Sebutkan 2 jenis cms berikut penjelasannya?
  3. Seperti apa idealnya CMS Website perguruan tinggi menurut anda khususnya mahasiswa dalam mengakses?
  4. Jelaskan pendapat anda tentang peran TI dalam bidang jurnalistik, serta tantangan nya dalam kedepan?

Jawab

2. Content Management System (CMS), saat ini menjadi sesuatu yang tak terpisahkan dari sebuah web. CMS ( Content Management System ) merupakan suatu system website dimana diperuntukkan bagi mereka yang awam mengenai dunia design web. User Friendly, mungkin kata itulah yang dapat digunakan untuk mewakili mereka yang ingin membuat website dengan mudah, dimana langkah-langkahnya dapat dikerjakan dengan mudah. CMS adalah software yang digunakan untuk mengatur dokumen dan konten sebuah sistem. Dalam hubungannya dengan web, tentunya yang akan diatur adalah dokumen dan kontennya. Dalam perkembangannya hal-hal yang bisa diatur oleh sebuah CMS semakin banyak. Contohnya block atau module position, front page manager, bahkan templates atau themes (tema) dari tampilan CMS kita. Struktur CMS secara garis besar terdiri dari dua bagian, yaitu Frontend dan Backend. Frontend adalah tampilan halaman web kita, yaitu halaman yang diakses oleh pengunjung umum. sedangkan Backend adalah bagian administrasi yang hanya bisa diakses sang pemilik web maupun orang-orang yang telah ditunjuk untuk melakukan manajemen website. Istilah umumnya halaman admin (admin page).CMS bisa kita buat sendiri, Namun untuk membuatnya kita harus mempunyai pengetahuan yang memadai tentang bahasa pemrograman dan database. Namun tak perlu khawatir, karena saat ini sudah terdapat puluhan CMS. Ada yang licensed, yaitu anda harus membayar untuk memiliki dan menggunakanya. Namun banyak pula yang gratis, istilahnya Open source. Dari sekian banyak produk CMS yang beredar di pasaran, kita dapat membaginya dalam dua golongan besar, Golongan pertama adalah produk CMS yang bersifat komersial.Golongan kedua adalah produk CMS Open Source.

Jenis-jenis Content Management System (CMS)

a)      Portal – tool ini memudahkan kita untuk memanaje berita, artikel, tulisan, mengumpulkan pendapat (polling). Contoh sebuah portal adalah detik.com. cms jenis ini adalah BitWeaver, CivicSpace, Clever Copy, CMS Made Simple, Contenido, DEV, Dragonfly CMS, Drupal, e107, EcwCMS, Exponent, eZ Publish, Fundament, Geeklog, Jaws, JetBox, Joomla, Jupiter, Mambo, MDPro, MODx, Netious, OneCMS, Ovidentia, Papoo, PHP-Fusion, PHP-Nuke, phpComasy, phpSlash, phpWebSite, PHPX, PLUME CMS, Postnuke, Props, SPIP, Tiki CMS/Groupware, toendaCMS, Typo3, Website Baker, Xaraya, XOOPS, dan YACS!.

b)      Blogs – merupakan tool yang cukup populer khususnya untuk diary virtual seseorang. Walaupun tentunya bisa digunakan untuk apa saja, misalnya mengemukakan pendapat, menceritakan pengalaman, mengemukakan sebuah pemikiran, dll. Yang menarik dari blog, memungkinkan untuk saling link atau saling mendukung satu sama lain hingga akhirnya dapat menjadi alternatif sumber informasi di Internet yang sifatnya sangat perorangan & bebas. Contohnya adalah b2evolution, bBlog, BirdBlog, BLOG:CMS, Blur6ex, boastMachine, Dotclear, Loudblog, Nucleus CMS, Pixelpost, sBlog, Serendipity, Simplog, Textpattern, TruBlog, Wheatblog, dan WordPress.

3. Idealnya Mahasiswa dalam mengakses CMS Wibsite Perguruan Tinggi adalah menggunakan produk CMS Open Source. Karna, produk ini menyediakan layanan dengan gratis dan tidak ada batasan bagi para pengguna untuk megaksesnya. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali bahan referensi yang di buthkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugasnya. Dengan adanya CMS Perguruan Tinggi ini, kiranya dapat mempermudah mahasiswa untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Disini mahasiswa tidak di tuntut untuk manja dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Referensi yang telah didapatkan tidak hanya di copy paste, tetapi di ketik ulang lagi dengan bahasa kita sendiri. Hal ini akan mencerminkan idealisme mahasiswa yang kretif.

4. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi informasi (TI), kita sebagai mahasiswa tentunya tidak boleh ketinggalan dengan itu semua, kita harus bisa mengimbanginya, dengan tetap terus mengupdate pengetahuan kiata di bidang TI. Begitu juga dengan bidang jurnalistik, peran TI dalam dunia jurnalistik saat ini sangat di butuhkan sekali, saat ini semua media berlomba-lomba untukmenjadi yang tercepat dan dan yang terbaik, semua itu adalah berkat kerja sama yang baik antara jurnalistik dan TI. Tidak mugkin jurnalis saat ini tidak tahu dengan dunia TI. Intinya peran TI sangat penting dalam bidang jurnalistik.

Tantangan kedepan, media cetak harus bisa bersaing dengan media elektronik dalam menyampaikan informasi. Karna saat ini informasi apa saja bisa diakses dengan cepat, apa lagi untuk ke depan. Sungguh besar sekali pengaruh TI di dunia jurnalistik. Jika seorang jurnalis ketinggalan dengan perkembangan TI, maka akan sangat sulit baginya untuk mendapatkan informasi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: